Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

Jubail

Bapak/Ibu,

Apa kabar ? lama juga saya tidak posting. Kalau sudah seperti ini, itu biasanya saya tugas keluar kota. Kali ini saya di tugaskan ke SAFCO (SABIC Fertilizer Company) Jubail. Jubail itu kurang lebih satu jam perjalanan dari Khobar (150 km). Ya, 150 km di tempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Kecepatan rata-rata di highway sini itu 120-160 km/jam. Sedikit tips dari saya jika mengendarai mobil di highway Saudi adalah jangan meleng. Karena mobil bisa datang dari arah mana saja. Baik itu kiri atau kanan Bapak. Orang sini jarang menggunakan klakson. Jadi jika ingin mendahului Bapak/Ibu, dia langsung aja mendekati Bapak/Ibu dan mengambil bahu jalan atau manapun itu. Ingat ya, stir-nya sebelah kiri, jadi mengendarai mobilnya di sebelah kanan. Jadi jika ingin mendahului mestinya dari arah kiri.

Jubail itu kota industri Pak/Ibu. Banyak pabrik disana. Kota ini mengingatkan saya akan Kerawang/Bekasi/Cikampek. Cuma industri-nya aja yang agak beda, karena disini industri- selalu berkaitan dengan Oil & Gas dan Petrochemical. Walaupun ada juga pabrik baja dan semen. Memasuki pusat kotanya mengingatkan saya akan Jalan Sabang di Jakarta jika lagi makan siang. Banyak orang lalu lalang, mobil dan kaki lima. Pokoknya komplit deh. Pertama sekali saya kesini saya pikir ini bukan Saudi, karena yang saya lihat di jalan melulu orang India, Philipina, Nepal, Bangladesh, Pakistan..Ehemm.. jarang ada orang Saudi-nya.

Lumayan banyak komunitas Indonesia disini. Umumnya mereka bekerja di SABIC. Tempat ngumpul mereka itu di da'wah center Jubail. (alim-alim ya Pak/Ibu orang kita di sini, ngumpul nya aja di da'wah center) Jadi sering-sering aja main ke da'wah center Jubail, insya Allah ketemu mereka. Inya Allah juga kalau Bapak ke Saudi jadi alim seperti mereka.

Karena ini kota industri, ntah kenapa segala sesuatunya jadi lebih mahal disini jika dibandingkan di Khobar, baik itu housing, hotel atau belanja.

Saya cari-cari poto potretan saya tentang Jubail belum ketemu di hard disk, insya Allah nanti kalo ketemu saya upload deh..