Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

GADIS YANG DICULIK

19 April 2009. Pagi ini di Surat kabar ada yang menarik. Diceritakan bahwa di awal 90-an pernah ada kejadian yang membuat masyarakat Mesir khususnya yang berdomisili di Cairo dikagetkan dengan penculikan seorang gadis bersama tunangannya dalam sebuah mobil. Tindakan kriminal ini semakin terdengar di telinga masyarakat Mesir manakala muncul tuntutan keras memaksa parlemen dan pihak yang berwenang membuat hukuman penculikan tersebut menjadi lebih berat, yaitu dengan hukum mati.

Tuntutan pun terpenuhi, selang beberapa hari pasca penangkapan enam orang yang tertuduh dalam penculikan, ditetapkanlah hukuman mati bagi mereka dan bagi siapapun yang melakukan tindakan sejenis mereka.

Betapapun itu, hal ini adalah contoh baik dari keadaan sosial masyarakat Mesir yang merindukan keamanan dan ketertiban, serta pelajaran bagi mereka yang memendam rencana jelek serupa. Ini dari satu sisi. Marilah kita lihat sisi lainya yang menceritakan bahwasanya gadis yang diculik adalah putri salah seorang dari keluarga mentri di pemerintahan Mesir. Tidak ada seorang pun yang tahu hal ini kecuali pihak kepolisian.

Jika kita membaca kejadian diatas mungkin segera mengangkat jempol sambil bilang ''Bagus lah kalau hukuman diberatkan supaya para penjahat kapok!''. Namun sebaiknya jangan dulu terburu-buru mengacungkan jempol. Karena sebenarnya hukuman mati yang diputuskan diatas adalah hasil dari usaha keluarga pemerintah si gadis yang bersangkutan. Dari sini timbul kesan apakah hukum di Mesir hanya kuat ketika membela orang-orang ''menengah keatas'' dan sebaliknya menjadi lemah saat membela nasib rakyat kecil?

Dalam sebuah hadis Nabi menyatakan ''Orang-orang sebelum kalian telah binasa, karena jika ada bangsawan yang mencuri, mereka membiarkanya, namun jika yang mencuri itu orang lemah, maka mereka menghukumnya. Demi Allah! seandainya Fatimah puterinya Muhammad mencuri, pasti aku potong tangan-nya'.

Hukum yang adil adalah hukum yang menyentuh semua golongan masyarakat. Jika hanya dapat menggugat rakyat kecil saja berarti hukum itu justru mesti mendapat hukuman. Dan orang-orang yang bertanggung jawab disana.