Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

NASIB MUJUR

ABU LAHAB

Abdul Uzza nama aslinya, akrabnya dikenal dengan Abu Lahab. Salah satu dari gembong Quraisy. Paman Nabi Juga. Tsuwaibah tergesa-gesa mencari Tuannya Abu Lahab, karena ada sebuah berita yang ingin disampaikannya kepada tuannya itu bahwa anak saudaranya (Abdullah) telah lahir. Mendengar kabar itu dia gembira bukan main, karena gembiranya Tsuaibah sang budak yang mengabarkannya dimerdekakan.

Karenanya, Abbas ibn Abdul Muthallib bermimpi sepeninggalan Abu Lahab, bahwa ia melihat Abu Lahab dalam mimpi diberi keringanan siksa pada setiap hari senin karena ia telah memerdekakan Tsuaibah*.

Mujur buat Abu Lahab yang telah bergembira lantaran kelahiran Nabi. :-D

HALIMAH AS SA'DIYAH

Keledai kurus itu masih berusaha, ia berada di barisan terbelakang dari Kafilah Susuan yang datang dari kampung Bani Sa'ad (beberapa KM setelah Thaif) menuju kota Mekah untuk mencari anak susuan. Halimah dan suaminya tak mau ketinggalan, keluarga miskin itu sangat bersemangat. Ketika itu, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk menitipkan bayi-bayi mereka kepada orang-orang kampung untuk disusui dan agar sang bayi dapat belajar bahasa arab fasih di perkampungan.

Sampai di mekkah, kafilah segera berputar memburu bayi-bayi bangsawan dan jutawan, tak lama semua bayi sudah mendapatkan ibu susuannya, kecuali Bayi Agung itu, lantaran ia piatu dan bukan anak jutawan, tak ada seorangpun yg mau menyusuinya. Halimah dan suaminya yang terlambat sampai telah kehabisan bayi untuk disusui, kecuali satu bayai yang bernama Muhammad. Setelah berunding dengan suaminya dan agar tidak pulang dengan tangan kosong, bayi agung itu diambilnya.

Baru saja digendong, Halimah mulai merasakan keanehan, badanya yg tadinya letih menjadi segar, keledainya yg tadinya kurus lesu menjadi kuat dan tegap, ia menyadari bahwa bayi yang ada dipelukannya itu bukanlah sembarang bayi. Kalau perginya ia berada dibarisan paling belakang, pulangnya ia berada di barisan terdepan, bahkan melampaui. Di Bani sa'ad, keluarga Halimah yang miskin berubah total pasca kedatangan bayi agung, kambing-kambingnya yang kurus dan kering, kini gemuk dan susunya penuh. Orang sekampung mengira Halimah mendapat bintang jatuh.

Selamat buat Halimah binti Dzuaib as Sa'diyah dan keluarganya, anda telah memilih bayi yg tepat. :-D

___________________
*lihat : Shahih Bukhari, kitab nikah, bab ayat "..dan perempuan-perempuan yang menyusui kalian.." dari hadis 'Urwah bin Zubair. lihat juga al-Mushannaf, Imam Shan'ani (7:478)