Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

Persaingan para expat di Saudi

Apa Khabar Bapak/Ibu,

Gimana masih semangat ?

Dah lama ya, saya tidak menulis. Saya dilanda kemalasan nulis syndrome nih.. Setelah sibuk keliling, lalu pulang kampung, jadinya malas nulis (sayang "si pulang kampung", selalu di jadiin kambing hitam). Sampai akhirnya saya memiliki waktu luang, lalu mengecek e-mail pribadi dan ada "nyangkut" sebuah e-mail dari website pencari kerja yang isinya "....di cari seorang engineer...bla..bla..bla... to be placed in Saudi"... "eh deket nih, lumayan ah, siapa tau nyangkut" kata saya dalam hati.

Bidangnya pas banget, experience-nya juga cocok, perusahaan besar, kaya-nya gajinya lumayan nih dalam hati saya. Lalu mulai melihat kemana lamaran harus di tujukan. Eh, ada keterangan lagi ternyata di bawahnya:

"EUROPEAN UNION, RUSSIAN FEDERATION
(Applications will only be considered from people who are authorised to work in this location by being a national of that country or region, or by holding a valid work permit.)"

Yang terjemahan bebasnya: " eh.. tau diri ya, yang bukan dari Eropah (pake "h") jangan coba-coba ngelamar, kagak bakal di terima".

Apa2an ini. Ga adil.. Inikan perusahaan punya Saudi, kok mereka berani-beraninya mereka membuat pembatasan seperti itu. Lalu, ngapain lagi recruitment office-nya di Eropah (pake "h"). Wah, nda beres nih..

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya menemukan lowongan, dengan pembatasan applicant seperti itu di Saudi. Sudah beberapa kali. Namun bukan orang Indonesia jika hal seperti itu saja menjadi hambatan. Langsung saja saya siapkan CV, yang saya yakin akan bisa membuat orang yang membacanya terpesona. Tak lupa saya sisipkan tulisan ".. Lelah aku berkelana, mungkinkah ini yang di damba ? (Bapak/Ibu pasti sudah tahu bahwa, sisipan tulisan itu tidak benar :) ). Hasilnya ..... sehari, dua hari, sebulan, dua bulan, menunggu, saya tidak pernah di hubungi. Benar-benar tak berperasaan..

Kejadian ini masih menggelitik naluri keingintahuan saya. Ada apa gerangan ? kenapa ya ada pembatasan seperti itu. Sampai suatu ketika saya membaca novel " Cinta di dalam gelas dan Padang Bulan, yang di karang Andrea Hirata, Aha...saya tahu jawabannya !!!

Sebenarnya saya tidak menemukan hubungan novel Andrea Hirata dengan persoalan ini, namun saya merasa jika saya tuliskan itu akan lebih dramatis.

Saya merasa tidak pernah ada kompetisi langsung expat dari Eropah (pake "h") dengan expat dari Asia untuk suatu posisi lowong di sebuah perusahaan di Saudi ini, atau mungkin di Middle East secara umum. Suatu posisi lowong, memang sudah di persiapkan dari awal bahwa posisi ini haruslah orang dari Eropah (pake "h") yang mengisi. Secara langsung mereka coba melindungi "lot-nya" . Jika kompetisi di buka, maka dengan experience yang sama menurut Bapak, siapa yang bakal menang ?

Ada komen ?