Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

penilaiaan terhadap CSR (CSR assessment)

kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah, peluang, dan tantanga yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan aktivitas CSR

didalam penilaiaan CSR yang tepat harus memberikan pemahaaman mengenai hal-hal sebagai berikut:

• nilai-nilai dan etika perusahaan
• dorongan internal dan eksternal yang memotifasi perusahaan untuk menjalankan aktifitas CSR
• isu-isu penting seputar CSR yang dpat memberikan dampak terhadap perusahaan
• stakeholder-stakeholder kunci

Penilaian csr bertujuan agar perusahaan melakukan aktivitas-aktivitas csr secara berkesinambungan, tidak bersifat parsial. Penilaian csr juga membantu perusahaan mengidentifikasi kesenjangan dan peluang yang ada, sehingga mampu memperbaiki kualitas pengambilan keputusan.


Tahapan-tahapan dari pelaksanaan penilaian csr adalah sebagai berikut:

1. membentuk tim kepemimpinan CSR
biasanya tim kepemimpinan csr mencakup perwakilan dari dewan direksi, manajemen puncak, dan pemilik, serta sukarelawan dari berbagai unit dalam perusahaan yang terkena dampak atau terlibat dengan isu-isu seputar csr.

2. Merumuskan definisi program CSR
Perumusan definisi program csr akan menjadi landasan bagi aktivitas penilaian selanjutnya. Dapat juga diidentivikasi nilai-nilai kunci yang memotivasi perusahaan. Melibatkan orang-orang pada setiap tingkatan dalam perusahaan akan lebih menjamin tercapainya tujuan dan penerimaan dari aktivitas csr yang dilakukan.

3. Melakukan kajian terhadap dokumen,proses,dan aktivitas perusahaan
Dokumen-dokumen ini dapat mencakup misi, kebijakan, prinsip-prinsip dan dokumen-dokumen operasional lainnya. Aktivitas-aktivitas perusahaan yang secara langsung berhubungan dengan produk dan layanan yang dihasilkan dapat secara erat berhubungan dengan aktivitas-aktivitas CSR.

4. Mengidentifikasi dan melibatkan stakeholder kunci
Perusahaan mungkin saja melewatkan isu-isu pentin yang sedang hangat di luar. Oleh karenanya diskusi dengan para stakeholder kunci, karena stakeholder dapat melihatnya sebagai kesempatan untuk mengemukakan pandangan mereka mengenai prilaku perusahaan. Kunci bagi efektifnya keterlibatan para stakeholder ini adalah memetakan definisi mereka mengenai keberhasilan dalam rangka kerjasamanya dengan perusahaan.