Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

Cerita dari Saudi Arabia

Bapak2/Ibu Apa khabar ?

Lama juga saya tidak menulis. Hari ini (kamis) libur di Saudi Arabia. Saya ingin menulis kisah2 di Saudi Arabia. Ada cerita tentang engineer, ada tentang supir taksi, PRT dan beberapa kisah lainnya.


Saudi ini memang land of opportunity bagi semua orang. Tidak cuma bagi orang Indonesia, tapi bagi semua orang. Orang bule juga ngikut memenfaatkan setuasi. Bukan rahasia lagi bahwa yang kalo para bule2 itu sangat dihargai disini. Mereka "raja". Mereka di hire dengan gaji yang sangat besar. Memang ada yang sangat ahli di bidangnya. Namun tidak sedikit juga yang cuma nebeng paspor dengan keahlian seadanya.

Alkisah, ada sebuah compund besar di Saudi ini yang menghire manager maintenance dari negara Eropa. Menurut Bapak/ibu, apa sih tugas maintenance manager compund ? Maintenance apa sih yang diperlukan di compund ? Wong yang ngebenerin AC sudah ada para teknisi tangguh dengan gaji seadanya dari Philipine, India dan beberapa negara lainnya ? Kalo perlu memperbaiki pagar yang rusak tinggal panggil orang Pakistan yang terrkenal handal di bidang konstruksi ? Ya, walhasil kerja sang maintenance manager tadi adalah setiap jam 2 siang sudah nongkrong di kolam renang buat berjemur. Indah bukan ???

Ada juga cerita dari seorang supir taksi, yang telah bekerja lebih dari 20 tahun di Saudi ini. Sang supir curhat bahwa dia hanya bisa pulang 3 tahun sekali untuk bisa jumpa keluarga. Bayangkan waktunya dihabiskan sebagaian besar bekerja untuk keluarganya. Walaupun dia korban dirinya untuk sendiri di negara orang. Tapi yang penting anak2 nya bisa bahagia. Pulang 2 atau 3 tahun sekali ini menjadi praktek biasa bagi para expat di level ini.

Ada cerita pembantu rumah tangga yang bekerja dengan majikan kaya raya yang baik hati. Anak sang majikan sangat dekat denagn pembantu tersebut. Sehingga kemana2 bersama. Jika liburan ke Eropa, sang majikan juga akan membawa si pembantu ini, terbang dengan bisnis class. bahagiakan ?

Juga ada cerita orang Indonesia yg bekerja sudah lebih dari 15 thn di Saudi. Awalnya beliau kemari tidak bisa nyetir, padahal pekrjaan yg bakal di jalani adalah sebagai supir di Saudi. Walhasil sang majikan hampir memulangkan beliau, namun oleh istri sang majikan beliau di justru di belikan mobil kecil buat belajar mobil di halaman rumahnya yang besar. Jadilah akhirnya empat bulan beliau belajar mobil, dan tidak ngapain2 kecuali main dengan anak majikan yang kecil.

Saudi ini memang penuh cerita. Ada yang manis dan ada yg pahit. Saudi ini ada yang keturunan Abu Bakar yang baik dan dermawan, namun juga ada keturunan Abu Jahal yang kejam.