Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

Mengurus Attestation d'Accueil : Persyaratan



Halo, teman-teman. Sekarang, aku membuka jasa konsultasi via voice call wa/line untuk memudahkan teman-teman yang malas / ga hobi / ga ada waktu untuk membaca. Aku akan membantu menjelaskan tahap-tahap yang teman-teman butuhkan melalui voice call, sedetail mungkin sesuai pengalamanku yang selama ini aku share di blog. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung follow dan dm ke instagram : @laviedelika. Sampai ketemu! 😉]

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk persyaratan visa friend visit, maka salah satu dokumen yang diperlukan adalah Attestation d'Accueil.

Apa sih Attestation d'Accueil ini? Jadi, Attestation d'Accueil ini adalah bukti sah dari tempat tinggal yang bisa di dapatkan dari kantor mairie / walikota setempat.
Attestation ini merupakan bukti bahwa si pengundang mempunyai tempat tinggal yang memadai serta dana yang cukup untuk mengundang dan 'menampung' kita selama kita berlibur disana. :)

Oh iya, Prancis mempunyai peraturan yang agak ketat mengenai tempat tinggal yaitu minimal space dalam rumah adalah 14 m2 per orang. Jadi, rumah di anggap 'layak' jika luas rumah = 14 m2 dikali berapa orang yang tinggal di dalam rumah tsb. Misalnya, teman kamu tinggal sendiri di apartemen yang ukurannya 36 m2. Berarti apartemen itu masih boleh ditempati untuk 1 orang lagi, karena 14 m2 x 2 = 28 m2.

Cara memperolehnya gampang kok. Tinggal datang ke kantor la mairie / walikota tempat si pengundang tinggal dengan membawa persyaratan-persyaratan sebagai berikut:

  1. ID Card Pengundang / Carte National d'Identite
  2. Fotocopy passport kita
  3. Bukti Kontrak apartemen / Pajak rumah tahunan si pengundang
  4. Bukti pembayaran listrik / air pengundang selama 3 bulan terakhir
  5. Slip Gaji pengundang selama 3 bulan terakhir
  6. Timber / Perangko sebesar 30€ (bisa dibeli di mini market disana / di tabac shop)
  7. Surat permohonan pembuatan Attestation d'Accueil yang berisi data diri kita / orang yang diundang, dibuat oleh si pengundang dalam bahasa Prancis. Contoh : 
Setelah semuanya lengkap, per tahun 2018, si pengundang harus membuat janji temu terlebih dahulu sebelum menyerahkan dokumennya. Membuat janji temu bisa langsung menelepon kantor Mairie setempat. 
Setelah janji temu dibuat, si pengundang harus datang sendiri ke kantor mairie sesuai janji temu yang sudah dibuat dan menyerahkan seluruh dokumen yang diminta.

Prosesnya memakan waktu 10-14 hari sejak dokumen dikumpulkan.
Kedutaan meminta Attestation d'Accueil dalam bentuk yang asli, jadi sebaiknya setelah Attestatuin jadi, langsung dikirim ke Indonesia melalu pos. Baiknya memakai D*L atau F*d*X, selain paket bisa ditrack, biasanya sampai tepat waktu.
Awal tahun kemarin, pasanganku mengirim paket menggunakan D*L express 2 hari seharga 76€ dari kota Lyon, Prancis ke tempat tinggalku di Jakarta, Indonesia. Paket sampai dengan selamat dan tepat waktu, 2 hari. 

Sekian! 😇
💢Instagram : @laviedelika