Biaya Umroh Plus

Info Biaya Umroh

Mengurus VISA SCHENGEN Prancis : Friend Visit / Short Stay Visa





Halo, teman-teman. Sekarang, aku membuka jasa konsultasi via voice call wa/line untuk memudahkan teman-teman yang malas / ga hobi / ga ada waktu untuk membaca. Aku akan membantu menjelaskan tahap-tahap yang teman-teman butuhkan melalui voice call, sedetail mungkin sesuai pengalamanku yang selama ini aku share di blog. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung follow dan dm ke instagram : @laviedelika. Sampai ketemu! 😉]

Hai. Kali ini kita akan ngebahas dokumen-dokumen apa aja yang diperlukan untuk pembuatan Schengen Visa Friend Visit (Short Stay / <90 hari) di Kedutaan Prancis via TLS Contact ya.

Visa ini sebenernya sama dengan visa turis karena sama-sama berlaku kurang dari 90 hari, hanya yang membedakannya adalah di persyaratannya. Kalo visa turis, biasanya yang diminta berupa print seluruh bookingan hotel dan atau transportasi kita di negara schengen, sementara visa kunjungan teman atau friend visit visa salah satu persyaratannya adalah surat sponsor dan attestation d'accueil atau surat dari mairie / walikota setempat.

Nah, aku akan ngebahas mengenai ini terutama untuk kamu yang masih sekolah / kuliah atau yang fresh graduate. Gimana sih cara ngelengkapin dokumen2nya terutama untuk slip gaji dan rekening koran 3 bulan.

So, here's what and how to do Friend Visit Visa Schengen from French Embassy:
  1. Mengisi form Short Stay Visa yang bisa didownload disini.
  2. Pas Foto dengan latar belakang putih ukuran 3,5 x 4,5 cm
  3. Bookingan tiket PP (kamu bisa buat dummy tiket dari langsung dari situs penerbangan seperti KLM atau Turkish Airlines) 
  4. Asuransi Perjalanan / Travel Insurance yang meng-cover kita selama perjalanan. (Aku biasanya memakai asuransi dari AXA Travel Insurance. Pernah juga ASSIST card)
  5. Sponsor letter dari si pengundang di Prancis yang menyatakan hubunganmu dengan si pengundang serta maksud dan tujuanmu datang. Contoh Sponsor Letter : 
  6. Attestation d'accueil (how to get it? Baca disini.)
  7. Fotocopy Carte National d'Identite / ID Card nya pengundang
  8. Fotocopy Pasport pengundang. Oh iya kalo pengundang sudah pernah datang ke Indonesia, sertakan juga fotocopy halaman stempel cap visa Indonesia-nya ya
  9. Slip gaji si pengundang 3 bulan terakhir
  10. Tabungan si pengundang 3 bulan terakhir
  11. Bukti pembayaran listrik/apartemen si pengundang
  12. Surat rekomendasi dari sekolah / kampus kita (menjelaskan bahwa kita PASTI akan kembali ke Indonesia). Contoh Recomendation Letter from School:
    *) Nah karena kita masih berstatus pelajar atau bahkan fresh graduate, kita bisa memakai atau menyertakan tabungan orang tua sebagai sponsor dari Indonesia. Dibuat dalam bahasa Inggris.
  13. Untuk yang fresh graduate, bisa membuat surat pernyataan yang ditanda-tangani diatas materai 6000 yang menyatakan bahwa kita akan kembali ke Indonesia segera setelah liburan kita selesai. Tujuannya supaya lebih meyakinkan aja sih. Contoh surat pernyataan :
  14. Surat Sponsor dari orang tua (ayah/ibu, salah satu saja) dan kalo bisa di pakaikan kop surat perusahaan/ tempat orang tua bekerja. Surat ini menjelaskan hubungan kita dan orang tua serta mereka sebagai penjamin kita, dibuat dalam bahasa Inggris. Contoh Sponsor letter from parent : 
  15. Slip gaji orang tua 3 bulan terakhir
  16. Rekening koran (tabungan) orang tua 3 bulan terakhir
  17. Surat referensi dari Bank dalam bahasa Inggris (minta di bank, biaya bervariasi tergantung bank dari Rp. 50.000 - 150.000,-). Oh iya, kalau punya tabungan pribadi, boleh ditambahkan. Makin lengkap / makin banyak saldonya, makin bagus 😝. Contoh Surat referensi bank
  18. KTP Orang tua (tidak perlu diterjemahkan)
  19. KTP kita (tidak perlu diterjemahkan)
  20. KK (tidak perlu diterjemahkan)
  21. Akte lahir (tidak perlu diterjemahkan)
  22. Paspor Asli yang masih berlaku minimal 6 bulan
  23. 2x Fotocopy Paspor halaman depan dan belakang (yang memuat identitas kita)
  24. 2x Fotocopy Paspor lama (kalo punya).

Persyaratan untuk pembuatan visa ini terbilang tidak terlalu ribet. Dan asalkan dokumen semua lengkap, pastinya tidak akan masalah. Untuk prosesnya sendiri biasanya 10-15 hari kerja. Bisa lebih cepat atau lebih lambat. Tergantung dari 'musim' pembuatan visanya.

Aku sendiri sudah 2x mengajukan pembuatan visa dan Puji Tuhan, dua-duanya acc :) Tetapi lama menunggunya yang berbeda. 
Pengajuan pertama untuk keberangkatan bulan April 2016, saat itu aku apply visa bulan Februari 2016 dan jadi dalam waktu 2 hari! XD
Pengajuan kedua untuk keberangkatan bulan Januari 2017 dan apply visa dari bulan November 2016. Visa selesai dalam waktu 3 minggu atau 15 hari kerja hahaha. Mungkin karena banyak yang mau winter holiday Christmas dan New Year disana, jadi makanya rame.

Oh iya! Pengajuan visa ini sendiri minimal 3 bulan sebelum keberangkatan dan maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan ya. Jadi, sesuaikan saja waktunya.


UPDATE!! Jadi, aku mengajukan pembuatan visa lagi ke Prancis untuk yang ke-3x nya. Rencana aku akan menghabiskan summer disana :) Janji temu & submit dokumen di TLS hari Selasa, 10 April 2018. Keberangkatan untuk bulan Juni. Dan hari ini, tanggal 4 Mei 2018, Pasporku baru dikembalikan oleh kedutaan! Puji Tuhan, visa acc. 



Tapi bedanya, kalo yang kemaren-kemaren mereka berbaik hati ngasi 90 hari stay dalam jangka waktu 6 bulan, kali ini bener-bener cuma di kasi pas banget, sesuai tanggal pergi dan tanggal pulang. Mungkin karena efek pengangguran alias fresh graduate kali ya. Hahaha. Kalo yang kemaren kan masih student kali, jadi mereka oke-oke aja. So intinya, tetap atur waktu untuk apply visanya ya, apalagi kalo mau apply untuk liburan di high season. Mending buat janji temu dari jauh-jauh hari. Jadi bisa lebih santai, ga terlalu deg-degan.

So, setelah dokumen semua dirasa lengkap, kita bisa membuat akun di TLS Contact, bisa diakses disini. Akun ini yang nantinya akan kita pakai untuk membuat janji temu.
Setelah membuat akun dan mengikuti seluruh prosedurnya, maka kita bisa memilih janji temu di TLS Contact. Untuk yang baru pertama kali membuat visa, kehadiran saat penyerahan dokumen diwajibkan oleh TLS karena akan difoto dan direkam sidik jarinya. Untuk yang sudah pernah, pengumpulan dokumen bisa diwakilkan oleh orang lain/agen travel.

Setelah membuat janji temu, usahakan datang tepat waktu sesuai waktu yang tersedia dan dipilih. Saat mengumpulkan dokumen, kita akan di interview sedikit. Tidak usah tegang :) Orangnya baik-baik kok hehe Pertanyaan yang diajukan hanya mengenai perjalanan kita aja seperti berapa lama disana, kesana mau ngapain, hubungan sama si pengundang apa, sudah pernah bertemu belum, dll.

Setelah semua dokumen disubmit, kita bisa pulang dan menunggu visa jadi dengan harap-harap cemas hehe. Biasanya akan dikabarkan lewat email atau sms. Jika visa sudah jadi, kita bisa mengambilnya kembali di TLS Contact.

That's it for today! Bon courage et bonne chance untuk visanya! 😇
💢Instagram : @laviedelika